Sabtu, 23 Mei 2015

Liputan Khusus : Potensi Pantai Tanawu_Tolomoro Jadi Destinasi Wisata Alam Bebas (2)



Pantai Piri, Gugusan Pantai Tanawu Tolomoro/Akbar.Mbojo
KM,Walet Selatan.
Setiap pergantian tahun dan liburan panjang kebiasaan masyarakat parado khusunya dan masyarakat Bima pada umumnya, menghabiskan waktu untuk berlibur bersama keluarga maun koleganya, baik di rumah maupun di alam bebas.

Mungkin liburan di rumah di isi dengan canda tawan dan bercengkrama dengan keluarga adalah hal yang biasa, tetapi akan berbeda rasanya meninkmati liburan di alam bebas dengan melintasi gunung dan lautan luas yang terbentang, ada yang berburu dan ada yang memancing.


Pantai Piri, Gugusan Pantai Tanawu Tolomoro/Akbar.Mbojo
yah, berlibur dengan berburu dan memancing merupakan hobi kaum pria, sebab hobi ini sangat menantang adrenalin dengan sensasinya yang khas membuat kita merasa tertantang. banyak warga yang hidup di daerah-daerah perkotaan jarang merasakan hal semacam ini karena hari-harinya hanya di isi dengan kesibukan pekerjaanya, sehingga butuh suasana baru untuk mengisi kembali tenaga dan menyegarkan pemikiran sehingga beban beban yang ada dalam diri menghilang.


tak ayal, setiap ada waktu liburan Pantai Tanawu-Tolomoro menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer bagi masyarakat Parado dan Bima pada umumnya, hamparan pasir putih dan hitam, tebing-tebing tinggi, gua-gua sarang dari berbagai jenis burung walet, laut pasang yang berisi berbagai mahluk laut, dan terumbu karang yang sangat indah membentang luas dari Desa Lere Kec. Parado sampai Pantai Lakey Kec. Huu Kab. Dompu ditemani oleh Ombak Pantai Selatan Bima yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia.


yah itulah Pantai Laut Selatan; Pantai Tanawu_Tolomoro, pantai yang memanjakan mata setiap orang melihatnya, Pantai yang diisi dengan berbagai biota laut mulai dari yang berukuran raksasa sampai yang berukuran kecil seperti Ikan Paus, Hiu, Pari, Ikan Tuna, Ikan Tongkol, dan ratusan species ikan lainya dengan berbagai ukuran dan jenis berbeda. disamping itu, karena terumbu karang yang terjaga dengan baik, hidup juga berbagai jenis kerang dan rumput laut.


Sementara di daerah pegununganya terdapat berbagai species Lebah Madu, Rusa dan Burung berbagai ukuran, maaf saking banyaknya sampai saya lupa nama-namanya kecuali nama-nama lokalnya, seperti RaWaMu, Ngara Doro, Wonto dan lain sebagainya, meski lokasi perburuanya cukup jauh dari pemukiman terdekat bagi orang yang hobi tidak akan menjadi masalah.


Bentangan Pantai Tanawu Tolomoro/Akbar.Mbojo





















Bagi kita yang hobi rekreasi dengan memancing dan berburu, gugusan gunung dan hamparan pantai Tanawu_Tolomoro adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi, saya bisa menjamin mata anda semua akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan luarbiasa. (Akbar.Mbojo)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar