Minggu, 04 Januari 2015

SITUS TABE MARIWU



KM. Walet selatan.
Salah satu batu yang menjadi peninggalan zaman dulu terletak di Doro Kaleli dafa (gunung kemiri dafa) desa kuta kecamatan parado. Batu yang berbentuk seperti wajan (Tabe dalam bahasa bima,red) itu merupakakan situs yang kemungkinan besar peninggalan zaman naka atau biasa disebut zaman batu oleh para ahli sejarah.

Bentuk situs yang mirip wajan yang pada umumnya oleh masyarakat kecamatan parado menyebutnya sebagai Tabe Ma riwu , entah apa yang menjadi dasar penyebutan nama batu tersebut sampai sekarang masih menjadi misteri sejarah yang harus di ungkap oleh para ahli.

Batu yang memiliki kurang lebih 12 lubang saling tembus antara satu yang lain, berukuran medial 50 cm  lebar serta demikian juga tingginya, untuk mencapai situs Tabe Mariwu di butuhkan perjuangan berat karna kita harus melewati pegunungan kemiri, Kurang lebih  2 kilo meter perjalanan serta mendaki Gunung terjang yang cukup tinggi sebab batu yang dikenal dengan Tabe Mariwu berada pas dipuncak gunung  So Dafa.

 Beberapa tokoh Generasi tua Kecamatan Parado yang sempat ditemuipun tidak tau persis Sejarah tentang situs tersebut dan terlihat siswa SMP Muhammadiyah Parado mengunjungi sekaligus duduk di atasnya.(opick)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar