Jumat, 11 September 2015

Pilkada 2015 : Tanggung Jawab Semua Pihak

Dr. Ibnu Khaldun, M.S.i
Pelaksanaan Pilkada Kab. Bima Tahun 2015 bukan hanya an sih tanggung jawab Penyelenggara Pemilihan, akan tetapi harus menjadi tanggung jawab kolektif semua pihak.

hal ini di ingatkan oleh Aktivis Pusat Kajian Politik dan Pemilu (Center Election For Political Party (CEPP) Universitas Indonesia (UI) Link, Dr. Ibnu Khaldun, M.S.i



"Agenda besar itu menghabiskan energi yang sangat besar, semua berkaitan. tidak melulu soal anggaran. saya kira pekerjaan ini tidak cukup aparatur yang dapat tugas dari negara, tapi tugas bersama semua pihak" katanya.

Untuk itu, menurut Ibnu Penyelenggara Pemilahan perlu di awasi oleh seluruh lapisan masyarakat, walaupun sudah ada wasit pilkada yaitu Panitia Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil bupati beserta jajaranya. Upaya Pencegahan Pelanggaran seperti keterlibatan PNS atau Aparatur Sipil Negara lainya bukan hanya dilakukan oleh Panwas, untuk menyukseskan Pilkada perlu peran maksimal dari banyak pihak.

"tinggal komitmen atau agenda bersama, bukan saja penindakan dan pencegahanya yang masih kurang. Terus membangun kewibawaan Panwas hingga tingkat Kecamatan dan Desa sehingga Masyarakat akan sadar sendiri melihat aparat yang memiliki Tupoksi. mereka menjadi was-was dan menjaga diri" ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar