Jumat, 20 Februari 2015

Buah Durian Khas Parado Mulai Dipanen





KM. Walet Selatan
Diberbagai wilayah di seluruh NTB (Nusa tenggara Barat) Lebih Khusus Bima, banyak sekali keragaman Budaya, logat bahasa, dan Hasil Alamnya, misalnya Kecamatan Sape terkenal dengan Sarang wallet yang menghasilkan salah satu Kwalitas sarang burung wallet terbaik di NTB.


Kecamatan Parado memiliki hasil Sumber daya Alam yang beragam walau tidak begitu seterkenal daerah lainya, Mbohi Dungga (Sambal Jeruk) telah Lama di kenal di Parado Begitu juga halnya dengan Kemiri, Madu, yang sangat menunjang income Ekonomi masyarakat Parado.

Sejak dulu yang belum diketahui oleh Publik mengenai Keberadaan Durian, Pepohonan jangka panjang ini, biasanya berbuah dan dipanen hanya setahun sekali, Antara bulan Desember s/d April tahun setelahnya.

Sekarang Durian Parado sudah mulai dipanen, terlihat di Perempatan jalan parado (Cabang Parado Rato) Mulai dijajakan, walaupun belum begitu banyak, salah satu pedagang, Siti Rahmawati menjelaskan “kami setiap tahun tetap menjajakan Durian (duren) dan Orang dari berbagai wilayah Kabupaten Bima dan Kota, kadang datang Khusus dan memesan Durian Parado, Setiap satu Buah  rata-rata dibandrol dengan harga 45.000 Rupiah, tetapi bergantung pula besar kecilnya buah Durian”.

Jadi jika  ada masyarakat di Luar kecamatan Parado yang ingin merasakan bagaimana rasanya Durian Hasil Alam Parado , maka datang aja kesini insya Allah Harga terjangkau’Pesanya. (Opick)

1 komentar:

Komentarlah dengan Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar