Rabu, 21 Januari 2015

PKBM Pantai Wane Gagas Hutan Kebun Buah.


Km. Walet selatan.
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pantai Wane Kecamatan Parado didirikan pada tanggal 17 Mei Tahun 2000 silam, banyak Program telah dilaksanakan, sekarang PKBM Pantai wane menginisiasi adanya Pengembangan Hutan Buah Kecamatan Parado, rencananya terletak di Desa Parado Wane ,lebih tepat Hutan Seputaran Dam Pela Parado, luasnya kurang lebih mencapai 2000 Hektar.

Atas Nama Direktur PKBM Muhammad Firdaus. S.Pd menerangkan persiapan perencanaan hingga sekarang lebih dari 50 %, dimana Semua pihak-pihak terkait seperti Dinas Kehutanan Kabupaten Bima, Badan Lingkungtan Hidup (BLH), Pertanian dan Perkebunan secara institusi  dihubungi sekaligus memberikan persetujuan atas apa yang kami rencanakan.
Jenis Buah-buahan yang akan dikembangkan nanti adalah Durian,Rambutan,Kelengkeng serta Kakao menjadi tanaman utama, sedangkan jenis buah lainya juga dikembangkan, tapi setelah berhasil tahapan pertama ini, cita-cita besar kami mewujudkan parado yang Bermartabat, Religius kemuadian pusat Peradaban.

Selain menjadi Pengembangan Hutan buah, juga hutan sekitar itu di sulap menjadi Bumi Perkemahan Kabupaten Bima, semua dilakukan untuk generasi Muda Parado dimasa depan, kita bekerjasama dengan UNRAM (Universitas Mataram) pada Program studi Agro Industry dalam rangka memaksimalkan rencana Pengembangan hutan buah tersebut. Saptu (24/1) diagendakan rapat bersama Camat dan seluruh Kepala Desa Se- Kecamatan Parado, supaya memantapkan persiapan yang ada, surat-surat Permohonan Pemanfaatan Lahan, ditujukan Kepada Bupati Bima dan Dinas-dinas terkait telah di persiapkan tinggal di bawa, ucapnya.

Upaya yang sangat Positif bagi Masyarakat Parado dan saya selaku Kepala Wilayah, mengajak siapapun mendukung Agenda kegiatan PKMB Pantai wane, agar hasilnya nanti bukan saja kita yang petik, melainkan generasi mendatang, hasilnya pasti kita nikmati jika ini terlaksana dengan baik, saya berharap kita kembangkan Sumber Daya Alam  (SDA), demi kesejahteraan semua, ungkap Camat Parado Baharudin. S.sos. (Opick)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar