Kamis, 19 Juli 2018

IDP – Dahlan Kujungi Masjid La Kai Kamina Kalodu Langgudu



Kim,Walet Selatan Parado-Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri yang didampingi oleh Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer, serta beberapa Pejabat eselon 2, 3, dan 4 Pemkab. Bima melaksanakan Kunjungan Kerja ke Desa Kalodu Kecamatan Langgudu. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Jena Teke Kesultanan Bima Muhammad Putra Ferriyandi dan Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Ny. Rostiati Dahlan, S.Pd. Pada Rabu (18/7/2018)


Pada awal memasuki wilayah Desa Kalodu, Bupati Bima beserta rombongan meninjau secara langsung Masjid  La Kai Kamina. Masjid tersebut dibangun pada tahun 1308 M oleh ; memiliki nilai sejarah yang sangat penting dalam perkembangan syiar Islam di Dana Mbojo.

Di hadapan warga, Umi Dinda menyatakan bahwa keberadaan situs budaya yang ada di wilayah kecamatan Langgudu terutama situs budaya masjid La Kai Kamina ini, merupakan salah satu situs budaya yang harus kita jaga dan lestarikan keberadaanya, sehingga generasi muda kita akan dapat mengetahui keberadaan situs budaya yang dimiliki serta mewarisi keagungan nilai yang ada dibalik sejarah eksistensinya.

Bupati Bima menginstruksikan kepada OPD terkait antara lain Dinas Pariwisata, Dikbudpora dan Bagian Kesra Setda untuk mengintensifkan koordinasi dengan Camat Langgudu dan Kades Kalodu guna memaksimalkan proses penataan dan pelestarian Situs bersejarah tersebut. Hal yang paling ditekankan adalah optimalisasi perangkat pengurus masjid sehingga pemeliharaan dapat berjalan lebih baik serta penanganan lainnya dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Pada tahun anggaran berikutnya (2019), Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan pendanaan untuk melengkapi pendanaan dan ikhtiar pelestarian yang telah dilakukan pada masa-masa sebelumnya.(Opick)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar